Rabu, 12 Oktober 2011

WAKATOBI

Wakatobi merupakan sebuah kepulauan yang terletak di propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Memiliki luas 1.39 juta hektar sumber daya alam laut yang bernilai tinggi dan panorama bawah lautnya yang menakjubkan. Nama Wakatobi di ambil dari nama empat pulau besar, yaitu pulau Wangi-wangi, pulau Kaledupa, pulau Tomia dan pulau Binongko. Kepulauan Wakatobi termasuk dalam gugusan kepulauan yang lebih besar, yaitu Kepulauan Tukang besi.


Kepulauan Tukang Besi mempunyai 25 buah gugusan terumbu karang yang masih asli dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Terumbu karang menjadi habitat berbagai jenis ikan dan makhluk hidup laut lainnya seperti moluska, cacing laut, tumbuhan laut. Ikan hiu, lumba-lumba dan paus juga menjadi penghuni kawasan ini. Kesemuanya menciptakan taman laut yang indah dan masih alami. Taman laut yang dinilai terbaik di dunia ini sering dijadikan ajang diving dan snorkling bagi para penyelam dan wisatawan. Sejak tahun 1996, kawasan Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional.



Bulan April sampai Juni dan Oktober sampai Desember merupakan bulan yang baik untuk berkunjung ke Wakatobi, karena cuacanya sangat bagus dan cocok untuk melakukan penyelaman. Sedangkan jika Anda menyukai berselancar, bulan Juli sampai September mungkin lebih tepat, karena pada bulan tersebut ombaknya sangat tinggi dan cocok untuk berselancar.
Di samping menyelam, berselancar dan snorkling di pantai wakatobi juga disediakan khusus motor selam, tour snorkling dan penjelajahan di kepulauan. Sebuah kawasan kecil yang berlokasi di samping pulau Tomia seluas 8 km2, bernama Pulau Tolandona (Pulau Onernobaa) memiliki keunikan karena pulau ini dikelilingi taman laut yang indah.
Ada dua macam suku di Kepulauan Tukang Besi, yaitu Tukang Besi utara dan selatan. Total penduduk kedua suku tersebut kini mencapai kisaran 250.000 orang, tersebar di empat pulau besar Wakatobi. Mata pencarian suku Tukang Besi adalah bertani. Makanan pokok mereka adalah ubi-ubian, yang biasa dibakar dan dimakan bersama ikan. Suku Tukang Besi selatan juga termasuk rumpun suku Buton. Ketergantungan hidup mereka terletak pada hasil laut yang menjadi santapan sehari-hari.
Saat ini banyak transportasi yang melayani perjalanan ke Wakatobi baik itu transportasi udara atau transportasi laut, tergantung dari keinginan dan kondisi keuangan kita, untuk jelasnya bisa lihat di link berikut Transportasi ke Wakatobi.
Sumber:
wakatobi.info

http://liburan.info/content/view/162/43/lang,indonesian/
http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_wakatobi.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Wakatobi
images.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETA INDONESIA

PETA INDONESIA

Wisata budaya Indonesia

Wisata budaya Indonesia
candi gedong